Friday, February 3, 2017

Macam-Macam Tanaman Obat dan Khasiatnya untuk Kesehatan

Sebelum ditemukannya obatan kimiawi seperti saat ini, para nenek moyang kita terdahulu jika mengalami sakit menggunakan tanaman di sekitar yang memiliki manfaat serta khasiat yang bagus untuk tubuh. Tanaman tersebut sering disebut dengan tanaman obat yang berasal dari dedaunan, sayuran, ataupun buah-buahan. Macam-macam tanaman obat tersebut juga tersebar di berbagai wilayah Indonesia yang bisa didapat dengan mudah. Penasaran dengan apa saja macam-macam tanaman obat dan khasiatnya? Berikut ulasannya! 

Daftar Nama Tanaman Obat dan Khasiatnya

1. Buah Mengkudu

Buah mengkudu atau lebih dikenal dengan cangkudu ini memiliki khasiat mencegah dan mengobati penyakit jantung koroner serta darah tinggi. Ciri dari buah ini bentuknya mirip seperti buah sirsak hanya saja lebih kecil dan tidak terlalu lebar. Buah ini memiliki warna hijau muda, daging putih, bau tak sedap, serta terdapat biji berwarna hitam di dalam dagingnya. 

Zat yang terkandung di dalam buah ini diantaranya adalah zat besi, serat, karbohidrat, sodium, kalsium, vitamin A dan C, serta vitamin B3. Untuk mengkonsumsi buah sebagai obat ada baiknya untuk dibuat jus dan ditambah dengan madu agar baunya tidak terlalu menyengat. Selain jus, saat ini juga sudah tersedia dalam kemasan kapsul untuk memudahkan para konsumen dalam mengkonsumsi buah mengkudu.

2. Buah Alpukat 

Buah alpukat ini termasuk buah populer dan favorit dikalangan lapisan masyarakat. Biasanya alpukat ini dikonsumsi dengan cara di jus. Dibalik lezatnya buah tersebut tersimpan khasiat yang bagus untuk tubuh kita, diantaranya adalah untuk menurunkan kolesterol, diabetes, serta mencegah kanker.

Buah yang bisa didapatkan di semua tempat ini memiliki kandungan gizi seperti, lemak, natrium, kalium, karbohidrat dan juga protein.

3. Buah Jambu Biji

Jika ada anggota keluarga Anda yang mengidap penyakit demam berdarah, cobalah untuk mengkonsumsi buah jambu biji. Mengkonsumsinya bisa dengan cara dimakan langsung ataupun dengan cara di jus. Dengan meminum jus tersebut bisa menaikkan kembali trombosit darah dalam tubuh.

Selain buahnya, daun buah jambu biji tersebut berkhasiat juga untuk mengobati diare. Cara mengkonsumsinya cukup dengan merebus daunnya ke dalam panci sampai mendidih. Setelah itu air rebusannya bisa Anda minum setiap sehari tiga kali.

4. Daun Seledri

Apakah Anda penderita asam urat? Jika iya, penyakit tersebut bisa Anda obati dengan menggunakan daun seledri. Daun tersebut memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang cukup tinggi. Cara mengkonsumsinya cukup dengan merebus daun seledri ke dalam panci yang telah diisi air. Setelah mendidih alihkan air rebusan tersebut ke dalam gelas, Kemudian minum selagi hangat. Untuk meminumnya bisa dilakukan sehari sekali di waktu pagi hari.

5. Lidah Buaya


Tanaman lidah buaya ini bisa tumbuh dengan subur di tempat yang kering. Oleh karena itu, selain tumbuh di negara Indonesia, lidah buaya tumbuh dengan subur di Afrika. Lidah buaya memiliki kandungan gizi seperti, polisakarida, asam amino, dan zat kimia enzim.

Dengan mengkonsumsi lidah buaya maka Anda akan terhindar dari kanker, hipertensi, serta diabetes. Manfaat lidah buaya adalah mengatasi peradangan, mengatasi semua permasalahan rambut, mencerahkan wajah, serta membantu dalam proses regenerasi sel kulit.

6. Lengkuas

Untuk Anda yang hobi memasak, pastinya sudah tidak asing lagi dengan tanaman lengkuas tersebut. Lengkuas dikenal sebagai bahan penyedap yang bisa membuat cita rasa makanan tersebut menjadi lezat. Khasiat lain yang dimiliki lengkuas adalah untuk mengobati penyakit rematik, diare, sakit kepala, limfa, tumor, dan panu. 

Itulah macam-macam tanaman obat dan khasiatnya. Tanaman obat di Indonesia banyak sekali tersebar di sekiataran lingkungan Anda tinggal. Hanya saja banyak yang sudah langka dan hanya bisa didapat di tempat khusus menjual tanaman obat. Informasi mengenai tanaman obat di atas adalah tanaman obat yang tergolong bisa dengan mudah di dapat di sekitar Anda. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment