Wednesday, February 8, 2017

Jenis–Jenis Tanaman Hias

Banyak orang masih menjadi penggemar tanaman hias. Rupanya yang elok dan menawan memiliki nilai artistik yang tinggi. Tak salah jika tanaman ini selalu dipilih untuk menghias serta mempercantik taman, kebun, dekorasi, dan lain sebagainya. Bahkan beberapa tanaman hias dapat mengeluarkan aroma yang segar dan menenangkan untuk mengharumkan ruangan atau bisa juga untuk mengusir nyamuk dan serangga. Memelihara tanaman hias merupakan kegiatan yang menyenangkan sehingga secara psikologis mampu mengurangi tingkat stress seseorang.

Tanaman hias memiliki nilai ekonomis yang tinggi serta sangat mudah dibudidayakan. Tak heran apabila banyak yang ingin memiliki dan merawatnya. Tanaman hias memiliki banyak variasi digolongkan berdasarkan bagian-bagiannya, yaitu tanaman hias bunga, tanaman hias buah, tanaman hias daun, tanaman hias batang, dan tanaman hias akar.

Berikut contoh dan penjelasan dari jenis-jenis tanaman hias:

1. Tanaman Hias Bunga

Taman hias bunga ini merupakan jenis tanaman hias paling populer diantara tanaman hias yang lain. Tentu saja dengan bentuk bunga yang indah serta warnanya yang mencolok dan menarik perhatian. Tanaman hias bunga yang sering dijumpai di sekitar adalah :
Contoh Tanaman Hias Bunga

a. Anggrek
Anggrek banyak dipilih masyarakat karena variasinya yang banyak dan memiliki warna yang beragam. Selain karena cantik, tanaman anggrek dapat dirawat di pot sederhana maupun digantung.

b. Mawar
Mawar juga sering menjadi primadona. Banyak orang menilai bunga mawar memiliki sisi romantis yang tidak dimiliki tanaman hias bunga lainnya. Oleh karena itu para pembuat buket bunga masih sering menggunakan bunga mawar. Selain memiliki nilai jual yang stabil, bunga mawar juga mudah untuk dibudidayakan. Ragam warnanya pun banyak mulai dari yang paling umum merah, putih, pink, bahkan ada bunga mawar berwarna ungu.

c. Melati
Selain bentuknya yang mungil dan imut, tanaman hias jenis bunga melati ini juga dapat mengeluarkan aroma yang khas. Bunga melati sangat sering digunakan sebagai perhiasan pengantin karena bentuknya yang sangat mudah dirangkai.

2. Tanaman Hias Buah

Tanaman hias bisa jadi pilihan yang tepat karena tentunya selain bisa mempercantik rumah, buahnya bisa langsung dikonsumsi. Cara merawatnya pun tidak sulit. Tanaman hias buah yang sering dipilih masyarakat yaitu:
Contoh Tanaman Hias Buah

a. Anggur
Buahnya kecil seukuran telur puyuh dan bergerombol. Warna buah anggur juga bervariasi bergantung jenisnya. Selain mampu menghias rumah dengan keindahannya, buah anggur juga memiliki khasiat kesehatan seperti mengatasi gangguan pencernaan, mencegah kanker payudara, dan lain sebagainya.

b. Jeruk Kalamansi
Jeruk kalamansi juga biasa disebut jeruk kalamondin. Tak seperti jeruk pada umumnya, jeruk kalamansi ini memiliki bentuk yang mini dan warna yang sangat cerah. Meskipun kecil, jeruk ini kaya akan vitamin C. Jeruk ini sering dikembangan di dalam pot sebagai hiasan rumah.

c. Tomat Cherry
Bentuknya sangat menggemaskan hanya sebesar buah cherry dengan warna merah cerah. Tomat cherry sering menjadi pilihan karena memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya adalah alternatif diet dengan kandungan seratnya yang tinggi.

3. Tanaman Hias Daun

Ciri khas utama tanaman hias daun sudah jelas terletak pada keunikan daunnya, entah itu bentuk maupun warnanya. Banyak tanaman hias daun yang diperjualbelikan karena memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Selain itu, beberapa tanaman hias daun juga memiliki manfaat tertentu. Maka tak jarang orang yang ingin membudidayakannya. Beberapa tanaman hias daun yang sering diminati adalah sebagai berikut:
Contoh Tanaman Hias Daun

a. Suplir
Tanaman hias ini tergolong tanaman paku-pakuan, daunnya kecil dan bergerombol banyak. Seringkali menjadi tanaman untuk menghias rumah karena efek segar yang diberikannya, menjadikan suasana rumah selalu dalam keadaan sejuk.

b. Lidah Buaya
Bentuknya unik tak seperti daun pada umumnya yang tipis dan lebar, daun lidah buaya tebal dan sedikit berduri. Selain sebagai tanaman hias, lidah buaya juga sering dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik dan perawatan rambut.

c. Keladi Red Star
Yang menjadi perhatian utama tanaman hias ini sudah jelas warna daunnya yang sangat cantik. Dengan bentuk yang lebar, kombinasi warna hijau dan merahnya terlihat menawan dan sangat cerah.

4. Tanaman Hias Batang

Jenis tanaman hias ini mengutamakan keindahan batang sebagai ciri khasnya. Tanaman hias ini memiliki bentuk yang unik, beberapa diantaranya dikembangkan dalam bentuk bonsai agar memiliki nilai artistik yang lebih tinggi. Berikut beberapa contoh tanaman hias batang : 
Contoh Tanaman Hias Batang

a. Bambu Kuning Mini
Tanaman hias ini memiliki diameter batang yang kecil sehingga terlihat tipis dan ramping serta memiliki daun yang banyak. Seringkali dijumpai sebagai hiasan rumah dan dekorasi karena indah dan mudah dikembangkan.

b. Kaktus Mini
Kaktus mini sering sekali dijadikan tanaman hias karena keunikan bentuknya yang beraneka ragam. Dengan batangnya yang tebal kaktus dapat menyimpan air dengan waktu yang cukup lama sehingga perawatannya pun tidak terlalu repot. Tetapi tetap harus selalu hati-hati karena kaktus memiliki duri-duri yang sangat tajam.

5. Tanaman Hias Akar

Ciri utama tanaman hias ini adalah akarnya yang memiliki keindahan bentuk entah itu bawaan alami atau buatan. Meskipun demikian harga tanaman ini juga bisa dibilang tinggi karena tanaman hias jenis ini masih jarang ditemukan. Berikut contoh tanaman hias akar yang bisa dijumpai :

Contoh Tanaman Hias Akar
a. Beringin
Tanaman ini selalu istimewa karena akar gantung yang dimilikinya. Biasanya tanaman ini berukuran besar dan terkesan tidak terawat. Namun tak jarang juga yang mengembangkannya dengan teknik bonsai sehingga terlihat mini namun tetap indah dengan akar gantungnya yang unik.

b. Kamboja
Tanaman kamboja biasa juga disebut dengan tanaman Adenium. Akarnya yang menonjol di atas tanah memiliki bentuk yang unik sehingga dapat digolongkan menjadi tanaman hias. Meskipun begitu, akar tanaman ini juga kokoh sehingga dapat dikembangkan di dalam pot.

No comments:

Post a Comment