Tuesday, February 7, 2017

Langkah-Langkah Membuat Tanaman Hidroponik dengan Botol Bekas

Hidroponik merupakan salah satu cara alternatif untuk bisa menanam tumbuhan di tengah keterbatasan tempat atau media yang diperlukan. Artinya, dengan menggunakan hidroponik tersebut Anda bisa membuat rumah Anda tampak lebih hijau dan segar dengan menggunakan media yang sederhana.
Sesuai dengan pengertiannya, untuk menanam tumbuhan hanya diperlukan air sebagai pengganti media tanah. Uniknya lagi, tanaman hidroponik pun bisa ditaruh di botol plastik bekas. Jadi, selain bisa untuk menjaga lingkungan Anda pun bisa menghemat biaya. Penasaran dengan proses cara menanam hidroponik dengan botol bekas? Berikut ulasannya!

Menyiapkan Bahan Pembuatan Hidroponik
Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan terlebih dahulu bahan-bahan untuk pembuatan hidroponik. Bahan tersebut diantaranya adalah : 

1. Botol air mineral bekas ukuran 600 ml atau bisa pula ukuran 1,5 liter.
2. Kain flannel bekas atau bisa diganti dengan sumbu kompor.
3. Spon
4. Gunting, pisau, spidol, atau cutter.
5. Bibit Tanaman yang sudah terlebih dahulu Anda persiapkan dan inginkan.
6. Air bersih secukupnya.
7. Pupuk urea atau NPK.

Langkah Membuat Tanaman Hidroponik
Setelah bahan-bahan telah disiapkan, langkah berikutnya adalah mengeksekusi bahan tersebut. adapun langkahnya adalah sebagai berikut : 

1. Ambil botol bekas dan spidol. Sebelum dipotong tandai terlebih dahulu botol tersebut dengan menggunakan spidol agar pas dan rapi. Potong botol menjadi dua bagian tepat di bagian tengah-tengah botol. Bisa menggunakan cutter, pisau atau pun gunting sesuai dengan kenyamanan Anda.

2. Setelah terbagi dua, ambil botol yang masih ada tutupnya. Usahakan tutup botol tersebut menempel pada mulut botol. Langkah berikutnya, Anda bisa membolongi tutup botol tersebut dengan menggunakan alat tajam yang telah disiapkan tadi. Sebaiknya untuk membolongi tutup botol tersebut disesuaikan dengan diameter sumbu ataupun kain fannel.

3. Setelah membolongi tutup botol tersebut, masukkan sumbu atau kainnya  kedalam tutup botol yang telah dilubangi.
4. Langkah berikutnya adalah memasukkan bagian botol yang telah dipasang sumbu kedalam bagian botol lainnya. Tetapi untuk memasukan atau menyatukannya harus terbalik. Jadi, secara gampangnya adalah bagian yang ada tutup botolnya berada di bawah. Sebelum disatukan, isi botol yang satunya lagi dengan air. Kapasitas air yang diperlukan sampai batas tutup botol.

5. Masukkan spon kedalam botol. Usahakan spon ditaruh di atas sumbu tersebut. spon tersebut berfungsi untuk menyangga tanaman agar bisa berdiri dengan tegak.

6. Setelah itu taburkan benih tanaman yang telah disiapkan kedalam botol. Pilih benih yang memiliki kualitas terbaik. Jangan lupa pula untuk menaburkan pupuk terbaik yang telah dicampur dengan tanah.

7. Tanaman hidroponik sudah jadi, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menyimpannya di tempat yang memiliki pencahayaan yang cukup.


Tanaman yang Bisa Menggunakan Hidroponik
Pada dasarnya, hampir semua jenis tanaman bisa menggunakan hidroponik. Namun, banyak ahli tanaman yang menganjurkan untuk beberapa tanaman tertentu sebaiknya menggunakan hidroponik agar hasil yang didapat sangat maksimal. Adapun jenis tanaman tersebut adalah :

1. Bayam
2. Sawi
3. Kangkung
4. Cabe
5. Terong Jepang
6. Selada
7. Mentimun
8. Paprika
9. Tomat
10. Melon
11. Bawang
12. Strawbery

Bagaimana, mudah bukan untuk membuat hidroponik dengan botol bekas di rumah Anda? Dengan adanya teknik tersebut, Anda bisa menjadi petani sederhana. Dimana rumah Anda dipenuhi tanaman-tanaman yang baik untuk dikonsumsi. Hidroponik pun bisa dipraktekkan untuk para pemula yang memang menyukai dunia tanaman. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment