Wednesday, February 8, 2017

Jenis Tanaman Hias Batang

Sebagian besar tanaman hias lebih menonjolkan keindahan bunga, daun, maupun buah. Namun ada juga jenis tanaman hias yang lebih menonjolkan batangnya sebagai pusat daya pikat. Tanaman hias ini memiliki bentuk batang yang unik dan menarik, bisa karena sifat generatifnya atau bisa juga dikreasikan dengan dikembangkan dalam bentuk bonsai. Tanaman hias batang memiliki nilai artistik yang tinggi sehingga tak heran banyak orang menggunakannya sebagai bahan dekorasi rumah, kafe, atau lainnya.

Berikut beberapa contoh tanaman hias batang  :

Bambu Kuning Mini
Tanaman hias ini memiliki diameter batang yang kecil sehingga terlihat tipis dan ramping serta memiliki daun yang banyak. Sesuai namanya, tanaman ini memiliki batang berwarna kuning dan menarik perhatian. Bambu kuning mini tidak bertubuh besar dan tidak akan bertumbuh besar sebesar tanaman bambu pada umumnya.
Ukurannya selalu mini, maka tak heran apabila sering sekali dijadikan sebagai hiasan rumah dan dekorasi karena indah dan mudah dikreasikan. Banyak pecinta kreasi handmade (buatan tangan) menggunakan batang bambu ini sebagai bahan baku hiasan mereka untuk dijadikan bingkai foto, photobooth background, dan lain sebagainya.

Kaktus Hias
Kaktus hias sering sekali dijadikan tanaman hias karena keunikan bentuknya yang beraneka ragam. Dengan batangnya yang tebal kaktus dapat menyimpan air dengan waktu yang cukup lama sehingga perawatannya pun tidak terlalu repot. Tetapi para penggemar tanaman hias tetap harus selalu hati-hati karena kaktus memiliki duri-duri yang sangat tajam. 
Terbukti dengan banyaknya penjual dan pembudidaya tanaman kaktus hias ini, maka dapat dinilai bahwa penggemar tanaman kaktus hias tidak pernah sepi. Jenisnya yang beragam memiliki keindahan dan keunikan sendiri-sendiri dari segi bentuk dan warna bunganya. Kaktus hias yang diletakkan indoor biasanya memiliki ukuran yang kecil sehingga mudah ditaruh di pot dan mudah dipindah-pindahkan.

Jenis kaktus yang biasa digunakan sebagai tanaman hias adalah :

  • Haworthia Cactus Zebra (kaktus ini memiliki warna belang seperti zebra dan bentuknya hampir mirip dengan tanaman lidah buaya, mampu hidup dengan pencahayaan yang rendah sehingga sangat cocok untuk dijadikan dekorasi ruangan).
  • Ball Cactus (kaktus berbentuk bulat sempurna seperti bola dan berduri, namun perawatannya harus dihindarkan dari sinar matahari langsung dan harus ditempatkan di tempat yang teduh, oleh karena itu jenis kaktus ini sangat cocok untuk dekorasi indoor).
  • Pincushion Cactus (berbentuk mirip pincushion dan memiliki duri yang halus, umumnya memiliki bunga berwarna ungu, kaktus ini sama sekali tidak memerlukan perawatan yang ekstra).

Palem Merah
Palem yang berasal dari Jambi ini biasa disebut juga dengan Pinang Merah ataupun Palem Lipstik (Lipstick Palm). Palem ini memiliki keelokan yang langka dengan warna kelopak di bawah daunnya yang merah cerah dan menyala. Sungguh kombinasi yang pas dengan batangnya yang berukuran sedang dan daunnya yang tidak terlalu lebar serta tidak menjuntai. Memang warna merahnya terletak pada kelopak bawah daun, namun kelihatannya seolah-olah batangnyalah yang berwarna merah sehingga dapat dikategorikan dalam jenis tanaman hias batang.
Dengan ukuran yang tidak terlalu besar, palem ini dapat ditanam di pot atau lahan pekarangan. Sering dijadikan tanaman hias karena sifatnya yang tangguh dan mudah tumbuh serta mudah perawatannya. Tak perlu perlakuan khusus, apabila diletakkan di luar rumah dan terkena sinar matahari langsung palem merah akan langsung mengeluarkan warna merah yang sangat indah.

1 comment: